Blog

Berdirinya Pabrik Mobil PT. Sokonindo Automobile di Cikande – Indonesia

Sesuai dengan program Pemerintah Negara Republik Indonesia untuk peningkatan investasi, pendalaman struktur dan hilirisasi industri kendaraan bermotor di Indonesia, maka PT Kaisar Motor Indonesia bekerjasama dengan Sokon Group Ltd. Hongkong membangun pabrik mobil PT. Sokonindo Automobile di Cikande dengan teknologi robotik modern dengan fasilitas lengkap.

Bergerak dalam bidang manufaktur otomotif, PT. SOKONINDO AUTOMOBILE memulai investasi pendirian pabrik otomotif di Indonesia sejak tahun 2014, dan sudah menyelesaikan keseluruhan proses pendirian pabrik tersebut pada bulan Mei 2015, yang saat ini telah memulai operasional produksi kendaraan.

Pabrik PT. SOKONINDO AUTOMOBILE terletak di Provinsi Banten, dengan total luas lahan 20 hektar, dan kapasitas maksimum produksi mencapai 50.000 unit per tahun. Proses produksi kendaraan meliputi pencetakan (stamping), pengelasan (welding), pengecatan (painting), perakitan (assembling), serta proses pemeriksaan kendaraan dengan total investasi perusahaan mencapai lebih dari 150 juta dolar Amerika.

Mengusung konsep menciptakan kendaraan berkualitas dengan menggunakan teknologi terkini, sehingga mendekati Industri 4.0 sebagai “smart factory” berstandar internasional dengan tingkat presisi, fleksibilitas, konsistensi, dan daya saing ekonomi yang tinggi, pabrik PT. SOKONINDO AUTOMOBILE mampu memproduksi kendaraan jenis SUV, MPV, Pick-Up, serta berbagai kendaraan lainnya untuk pasar Indonesia dan pasar global.

Saat ini, 90% dari tenaga kerja yang ada di pabrik PT. SOKONINDO AUTOMOBILE merupakan generasi muda Indonesia yang terus dibina serta dilatih agar mahir di bidang otomotif tanpa meninggalkan kearifan budaya lokal. Perusahaan akan menyerap lebih dari 2.000 orang tenaga kerja langsung, dan 4.000 – 5.000 orang tenaga kerja pada operasional rantai bisnis distribusi.

Seiring dengan rencana perusahaan, PT. SOKONINDO AUTOMOBILE akan memenuhi lebih dari 50% kandungan lokal kebutuhan suku cadang dalam kurun waktu tiga tahun, dengan target akhir memenuhi 80% kandungan lokal dari total kebutuhan suku cadang untuk mobil yang diproduksi.

Dengan semangat “Mari Bersama Membangun Indonesia, Dari Indonesia Untuk Mancanegara”, PT. SOKONINDO AUTOMOBILE memposisikan Indonesia sebagai basis produksi, mengekspor produk ke Asia Tenggara, serta melayani kebutuhan pasar otomotif di seluruh dunia. Perusahaan merencanakan sebagian dari hasil produksi akan diekspor ke luar negeri, sehingga berpotensi menghasilkan devisa bagi Indonesia.

Write a comment