Blog

Perbedaan MPV dan SUV tidak Selalu Mengenai Mobil MPV Murah

Ada baiknya Anda memahami lebih dalam perbedaan antara mobil MPV dengan Mobil SUV, tidak hanya mengenai Mobil MPV Murah atau Mobil SUV dengan harga yang Murah namun banyak sekali perbedaan yang mungkin kalian tida ketahui. Berikut penjelasannya:

MPV (Multi Purpose Vehicle)
Mobil MPV didesain untuk memiliki kemampuan mengangkut banyak penumpang. Biasanya, minimal jumlah penumpang yang bisa diangkut adalah 7 orang, bahkan sampai 8 atau 9 orang jika dipaksakan. Di dalam negeri, mobil ini dikenal sebagai mobil keluarga yang bisa muat banyak, maka jadi favorit masyarakat kebanyakan. Apalagi saat ini sudah banyak MPV murah, maka tidak heran jika MPV merajai penjualan mobil di Indonesia saat ini.

Secara fisik, mobil ini punya dimensi lebar dan panjang. Tentu, tidak mungkin bisa mengakomodasi banyak penumpang jika dimensi mobil kecil dengan body terbatas. MPV punya kapasitas 7 tempat duduk, biasanya dengan konfigurasi 2-2-3.

Sesuai namanya yang dalam bahasa Indonesia berarti kendaraan serbaguna untuk beragam tujuan, MPV masih muat untuk meletakkan barang-barang berukuran kecil di sela-sela jok maupun di bagian belakang. MPV juga bisa digunakan untuk membawa barang dalam jumlah yang relatif banyak. Hal ini dimungkinkan karena jok belakang mobil-mobil MPV bisa dilipat sehingga tersedia lebih banyak ruang untuk meletakkan barang.

SUV (Sport Utility Vehicle)
Secara konsep, SUV bisa dibilang merupakan gabungan antara jip, pikap, dan sedan. SUV dilahirkan sebagai kendaraan yang mampu melahap berbagai macam medan off-road dan on-road. Karakter jip yang kuat dan macho untuk melalui medan tanah, bebatuan, bukit, hingga pegunungan ditanamkan pada SUV sehingga memberikannya desain body yang kokoh dan tampak garang. Banyak SUV yang beredar di Indonesia, telah diuji di berbagai medan ekstrim pegunungan tanah air.

Selain dibuat agar tangguh di segala medan, SUV juga punya karakteristik mobil sedan ketika mengangkut penumpang. Kapasitas duduk 4 orang dengan kenyamanan berkendara semirip mungkin dengan sedan jadi ciri khas lain SUV tanah air. Bahkan belakangan ini mulai ada SUV 7-seaters yang dimaksudkan agar mampu muat lebih banyak dan membuat konsumen yang tidak suka MPV tapi ingin muat banyak jadi beralih ke SUV.

SUV juga didesain agar mampu membawa barang dalam jumlah yang cukup banyak. Kursi bagian belakang pun ada yang bisa dilipat jika mobil ingin digunakan untuk membawa barang lebih banyak lagi. Pada mode ini, SUV bisa mengakomodir kebutuhan pikap kecil jika diperlukan.

Walaupun sebenarnya perbedaan antara MPV dan SUV cukup jelas, namun rupanya masih banyak juga masyarakat awam yang kadang terkecoh dan salah mengenali kedua mobil tersebut. Bukan tanpa sebab jika banyak masyarakat awam yang salah mengira, sebab beberapa spesifikasi elemen atau bagian mobil dari MPV dan SUV tersebut yang seharusnya berbeda, kini hampir sama. Berikut beberapa bagian yang kadang salah dikenali.

Ground Clearance
Ground clearance atau tinggi mobil dari permukaan tanah pada MPV dan SUV sejatinya cukup jauh berbeda. Pada SUV, ground clearance selalu didesain tinggi agar mobil tidak nyangkut di medan off-road atau jalanan bergelombang. Sementara MPV yang dibuat sebagai mobil penumpang on-road, umumnya mempunyai desain ground clearance rendah. Namun belakangan ini ada beberapa merek MPV yang punya ground clearance tinggi dan bahkan menyamai tinggi SUV.

Ada MPV yang punya ground clearance mencapai 200 mm, sehingga sekilas terlihat gagah seperti SUV. Saat melihat yang seperti ini, tak jarang konsumen mengira MPV tersebut adalah SUV. Padahal meski tinggi, desain kaki-kaki MPV tidak dibuat sekokoh SUV yang memang dimaksudkan untuk medan off-road.

Jumlah Penumpang
Dulu, sangat mudah mengenali apakah sebuah mobil MPV atau SUV hanya dengan melihat dari jumlah penumpangnya. Jika sekilas terlihat ada 3 baris tempat duduk, pastilah itu MPV. Tapi saat ini sudah ada SUV yang hadir dengan 7 tempat duduk. Jika sekadar melihat jumlah penumpang saja, bisa keliru menganggap SUV adalah sebuah MPV atau sebaliknya.

Desain macho pada beberapa MPV berpenumpang 7 orang ada yang cukup mirip dengan desain SUV 7-seaters yang beredar di pasaran. Meski SUV 7-seaters biasanya punya kap rendah di tempat duduk baris ketiga, hal tersebut kurang jelas jika dilihat sekilas dan tidak masuk dalam kabin. Dalam hal ini pun kadang orang terkecoh apakah mobil tersebut SUV atau MPV.

Profil Ban
SUV harus menggunakan pelek dan ban dengan profil besar jika ingin melahap medan off-road dengan baik. Dimensi ban yang lebar dan besar membuatnya lebih tangguh dan tidak mudah tergelincir. Biasanya, SUV minimal punya pelek 15 inci dengan profil ban tebal dan gemuk.

Tidak bisa disangkal, beberapa produsen MPV ternyata juga menyediakan varian MPV dengan pelek yang besar, sebesar SUV pada umumnya. Hal ini sah-sah saja dari sisi marketing untuk menarik konsumen yang lebih suka MPV namun ingin mobilnya terlihat lebih macho. Karena itu, banyak pula MPV yang menggunakan pelek 15 inci atau lebih.

Untunglah konsumen tetap bisa membedakannya jika lebih teliti melihat profil ban-nya. Walaupun sama-sama menggunakan pelek 15 atau 16 inci, SUV pasti memakai ban yang lebih tebal dan gemuk. Sedangkan MPV, biasanya bannya berukuran standar meski pelek besar.

Ban Cadangan
Salah satu ciri khas SUV adalah ban cadangan yang diletakkan di punggung belakang mobil. Penempatan khas ini kini mulai ditinggalkan karena konsumen masa kini lebih menyukai desain yang ringkas dan elegan. Karena itu, beberapa SUV menghilangkan penempatan ban cadangan di belakang mobil. Desain anyar seperti ini kerap membingungkan konsumen. Kini tidak mudah lagi menunjuk sebuah SUV saat pertama kali melihatnya.

Perbedaan antara MPV dan SUV modern yang kian menipis tidak terlepas dari popularitas mobil SUV terbaru yang makin santer belakangan ini. Tetapi bagaimanapun juga, penggemar SUV akan selalu paham mobil yang disukainya. Memang, mobil SUV terbaru punya banyak keunggulan bagi konsumen yang punya selera tinggi. Apalagi di tahun 2018 ini, hadir mobil SUV baru dengan berbagai fitur terkini dan canggih besutan PT Sokonindo Automobile (DFSK Indonesia), yaitu DFSK Glory 580.

DFSK Glory 580 didesain sebagai SUV 7-seaters yang bisa memuat penumpang lebih banyak dibanding SUV biasa. Glory 580 jelas pilihan yang pas karena hadir dengan karakter tangguh SUV plus kelebihannya bisa membawa lebih banyak penumpang. Bagi konsumen keluarga baru, Glory 580 merupakan pilihan yang tepat. Tersedia dalam 2 pilihan mesin yaitu 1,8 L dan 1,5 L Turbocharged untuk jadi andalan melibas medan-medan sulit. Hanya saja, mesin 1,8 L tidak tersedia dalam varian matic, namun Anda tidak perlu khawatir sebab tenaga yang dihasilkan oleh mesin 1,5 L Turbocharged lebih mantap di jalanan.

Write a comment